Kita sering mendapatkan
postingan dan tag dari teman maupun toko online di akun Facebook bukan? Ya,
penjualan dengan sistem ini ternyata terbilang cukup efektif dilakukan di
Facebook. Jaringan sosial yang sudah terbentuk memudahkan penjual untuk
menyasar pembeli mereka.
Lalu, bagaimana dengan
Twitter? Sosial media satu ini juga memiliki jejaring sosial yang tidak kalah
dari Facebook. Namun, selama ini Twitter sering digunakan sebatas untuk ‘berbagi’
informasi, tidak berupa komunikasi dua arah. Starr Hall, seorang pakar jejaring
sosial dari Amerika Serikat ini menemukan celah untuk memanfaatkan Twitter
sebagai sarana marketing yang efektif.
.
.
Menurut Hall, terdapat
lima hal yang bisa dimanfaatkan di Twitter untuk meningkatkan strategi
marketing:
1. Manfaatkan search
options
Pencarian lanjutan di
search.twitter.com memungkinkan pengguna untuk menyisipkan kata kunci yang
kemungkinan orang gunakan untuk menemukan seseorang atau produknya.
Selain itu, fungsi
pencarian memungkinkan pengguna untuk membuat target tweet di daerah tertentu
tanpa harus keluar dari komunitas sebelumnya. Hal ini memungkinkan pebisnis
lokal untuk menjangkau pengguna Twitter di daerah mereka.
2. Tweet meningkatkan
optimasi search engine
Sering melakukan tweet
tidak hanya membuat pengguna tetap aktif di newsfeeds, namun juga meningkatkan
posisi pengguna di pencarian online.
Namun, pastikan untuk
menggunakan kata kunci yang mudah diingat di tweet sesering mungkin. Jika tidak
menggunakan nama perusahaan atau nama asli, maka pastikan informasi itu ada di
data pribadi Twitter anda. Ini penting karena bisa membantu Google dalam
membuat konten indeks yang sesuai dengan bisnis anda.
Kemudian, anda bisa
menggunakan Google Alerts untuk memonitor nama anda dan perusahaan anda.
Informasi mengenai pendapat orang tentang perusahaan anda atau mungkin
persaingan bisnis bisa diperoleh di sini.
3. Menjalin hubungan
dengan media
Beberapa tools di Twitter
bisa membantu anda untuk menemukan wartawan maupun editor dan mengetahui
seberapa aktif mereka di Twitter. Dengan begitu, anda bisa menentukan media
mana yang cocok dengan bisnis anda dan bisa membuat koneksi dengan wartawan di
media tertentu.
4. Menjangkau pengguna
ponsel
Pengguna mobile merupakan
pasar yang bagus untuk bisnis anda. Twitter memungkinkan anda untuk membuat
tweets yang dikirim secara langsung ke teman anda di Twitter sebagai SMS. Di
Indonesia sendiri, beberapa operator telekmunikasi sudah mengeluarkan layanan
ini, seperti Axis dan Indosat.
5. Ubah topik setiap kali
anda melakukan tweet
Hal ini dilakukan untuk
meningkatkan lalu lintas Twitter anda. Sering merubah topik mampu menarik
berbagai orang untuk melihat Twitter anda. Dan jika anda memuat topik itu di
waktu yang berbeda, maka jangkauan orang yang bisa diperoleh lebih banyak lagi.
