Bisnis
jasa merupakan bisnis yang menjual layanan kepada para konsumen yang
membutuhkan. Berbeda dengan bisnis yang menjual barang, bisnis jasa menyediakan
produk yang tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan apapun bagi
konsumen yang menggunakannya. Jika bisnis produk atau barang dapat dimiliki
konsumen setelah terjadi transaksi, bisnis jasa hanya bisa memberikan kualitas
pelayanan yang diharapkan pelanggan setelah mereka melakukan transaksi walaupun
tidak dapat memiliki pelayanan tersebut seterusnya.
Dalam menjalankan bisnis
jasa, juga dibutuhkan adanya strategi pemasaran. Namun sebelum menentukan
strategi pemasaran yang akan digunakan, perlu diperhatikan bahwa strategi
pemasaran jasa berbeda dengan strategi pemasaran bisnis yang menyediakan produk
atau barang. Bisnis jasa lebih cenderung memberikan pelayanan kepada konsumen
dengan berhubungan langsung, oleh karena itu bisnis jasa mengukur keberhasilan
strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.
Untuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan dengan optimal. Berikut kami berikan strategi tepat pemasaran jasa
yang dapat dicoba :
1. Berikan pelayanan secara efisien. Dengan
memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan harapan
konsumen, secara tidak langsung mampu mempengaruhi konsumen untuk
kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena biasanya
konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama pelayanan yang mereka
harapkan.
2. adanya peran karyawan yang menangani konsumen dengan baik merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karena kinerja karyawan menentukan citra perusahaan jasa.
3. tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pelaku bisnis jasa sebaiknya di sesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang diperoleh konsumen dari produk jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen.
4. Gunakan perkembangan teknologi serta inovasi untuk menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Karena semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin cepat pula pelayanan yang diberikan untuk konsumen.
5. Sesuaikan budaya yang berkembang saat ini. Karena peluang pasar bisnis jasa juga dipengaruhi dengan budaya yang berkembang saat ini.
