Jika ditanya “apakah sales dan marketing itu beda???” sebagian besar masyarakat pasti akan menjawab bahwa dua hal tersebut sama. Padahal sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Namun masyarakat sering menyalah artikan bahwa sales dan marketing memiliki arti yang sama, yaitu jualan produk.

Sebenarnya yang
dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang
ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan
mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan
sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan
untuk meningkatkan penjualan produk saja.
.
.
Dari pengertian
yang ada, sudah jelas bahwa proses marketing lebih panjang dan lebih kompleks
jika dibandingkan dengan proses sales. Dalam strategi marketing, terdapat 4P
bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product (produk),
price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people
(orang), Physical evidence (bukti fisik). Sedangkan sales hanya menjadi salah
satu bagian dari promotion (promosi), sehingga tidak memperhatikan faktor lain
yang dapat menunjang pemasaran.
.
.
Perbedaan
selanjutnya dalam strategi marketing, para marketer atau pemasar selalu menjaga
brand image product. Sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk
karena sudah mengetahui kualitas produk dan image brand produk tersebut.
Sedangkan strategi sales adalah mereka tidak mementingkan untuk menjaga image
brand produk, namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara
menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli
produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah memikirkan
apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah produknya laku
terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.
.
.
Meskipun begitu,
ada beberapa perusahaan yang menjadikan sales sebagai bagian dari marketing,
namun tetap membedakan tugas kerja mereka. Jika marketing fokus pada
perencanaan strategi pemasaran produk yang sesuai dengan 4P atau 7P bagian dari
marketing mix, maka sales akan mulai bekerja setelah produk sudah siap
dipasarkan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi
pemasarannya, sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.
.
.
Perbedaan sales
dan marketing lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan konsumen hanya sampai
proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab lagi menjaga
hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus
tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk
menjaga loyalitas pelanggan.
.
.
Sebuah perusahaan
tidak bisa berhasil memenangkan persaingan pasar jika hanya mengandalkan sales.
Dan sales tidak akan tercipta dengan baik jika
tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik. Setiap perusahaan
bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mampu
merencanakan strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumennya.