.
.
Ketika
kita menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, sebagian dari masyarakat
tidak begitu saja yakin dengan penawaran yang kita tawarkan. Untuk meyakinan
konsumen terhadap produk yang ditawarkan butuh cara komunikasi pemasaran yang
menarik konsumen. Sebab keahlian komunikasi untuk menyampaikan kelebihan serta
kualitas yang dimiliki sebuah produk, sangat dibutuhkan untuk meyakinkan
pelanggan.
.
.Seorang konsumen hanya akan membeli sebuah produk, jika mereka telah
yakin dengan kualitas dan kelebihan produk yang ditawarkan. Selain itu
keyakinan konsumen secara tidak langsung akan mengarahkan mereka untuk membeli
produk yang kita tawarkan tanpa harus kita yakinkan kembali, sehingga
memberikan dampak positif bagi omset penjualan produk. Oleh karena itu
munculnya keyakinan dari konsumen menjadi modal awal dari kesuksesan penjualan
produk.
.
.
Untuk mengatasi
masalah ketidakpercayaan dari konsumen, sebaiknya perhatikan beberapa cara
meyakinkan konsumen berikut ini :
.
.
1. Ciptakan image produk
Image suatu produk
sangat berpengaruh terhadap keyakinan yang diberikan konsumen. Untuk itu
ciptakan image yang berkualitas di mata para konsumen, dengan mengenalkan
kelebihan – kelebihan produk Anda. Semakin banyak konsumen yang mengetahui
kelebihan produk kita, semakin mempercepat munculnya keyakinan konsumen.
.
.
2. Selalu tanamkan image produk kepada konsumen
Semakin terkenal image produk Anda semakin yakin pula
konsumen, pada produk Anda. Sehingga para konsumen lebih loyal dengan produk
kita berapapun harga yang ditawarkan. Bandingkan saja harga donat Dunkin’
Donuts dengan harga donat di warung roti di sekitar rumah Anda, sangat jauh
berbeda bukan? Walaupun harga di Dunkin’ Donuts lebih mahal, namun konsumen
lebih memilih Dunkin’ Donuts dibandingkan donat yang ada di warung roti. Karena
konsumen lebih mempercayai kualitas rasa Donkin’ Donuts.
.
.
3. Berikan bukti kepada para konsumen
Untuk meyakinkan
konsumen, dibutuhkan bukti atau fakta mengenai kualitas maupun kelebihan yang
dimiliki produk. Anda dapat memberikan bukti kepada konsumen dengan
mencantumkan kesaksian dari konsumen lain yang telah memperoleh manfaat dari
produk kita. Selain itu Anda juga bisa mengadakan demo produk dengan langsung
melibatkan konsumen sebagai strategi promosi. Agar konsumen dapat membuktikan
langsung kelebihan yang dimiliki produk.
